Selasa, 09 Januari 2018

MOBILITAS SOSIAL

Mobilitas Sosial 


     Hai selamat datang kembali ke blog gw. Nah hari ini gw akan bahas tentang mobilitas sosial. Ada yang tau gak mobilitas sosial itu apa? Kalo kalian belom tau yuk simal penjelasan gw tentang mobilitas sosial. 

    Mobilitas sosial atau yang bisa di sebut gerak sosial memiliki arti yaitu perpindahan status sekelompok orang ke status orang lain. Hanya ada 2 kemungkinan perpindahan yaitu ke yang lebih baik atau menurun ke yang buruk. Dalam mobilitas sosial mempunyai beberapa bentuk yaitu Mobilitas Sosial Horizhontal, Mobilitas Sosial Vertikal, Mobilitas Antargenerasi, Mobilitas Intragenerasi. Berikut pengertian bentuk-bentuk mobilitas sosial. Mobilitas sosial horizhontal adalah peralihan individu atau objek-objek sosial lain nya dari suatu kelompok sosial ke kelompok sosial yang lain nya yang sederajat. Contoh nya yaitu seorang guru matematika yang mengajar di SMA Hati dipindahkan ke SMA Cinta tetapi tetap sebagai guru matematika. Mobilitas sosial Vertikal adalah perpindahan individu atau objek-objek sosial dari suatu kedudukan sosial ke kedudukan sosial yang lain nya yang tidak sederajat. Mobilitas sosial vertikal dibedakan menjadi dua yaitu Mobilitas vertikal keatas atau yang biasa di sebut social climbing dan Mobilitas sosial ke bawah atau social sinking. Mobilitas vertikal ke atas itu sendiri memiliki ciri yaitu masuknya ke dalam kedudukan yang lebih tinggi dan membentuk kelompok baru. Contoh nya pembentukan organisasi baru memungkinkan seseorang untuk menjadi pemimpin atau ketua dari organisasi baru tersebut sehingga status sosial nya naik. Selain itu juga ada Mobilitas vertikal ke bawah atau social sinking ciri dari mobilitas vertikal ini yaitu turun nya suatu kedudukan dan juga turun nya derajat kelompok. Contoh nya yaitu klub bola juventus terdegradasi ke seri B, akibatnya, status sosial tim pun turun. Selanjut nya bentuk mobilitas sosial yang lain yaitu mobilitas antargenerasi yang memiliki pengertian yaitu mobilitas ini adalah mobilitas 2 generasi atau lebih. Contoh nya pak Jono hanya seorang buruh tetapi anak nya adalah seorang pengacara terkenal. Yang terakhir adalah mobilitas intragenerasi yang artinya adalah mobilitas yang dialami oleh seorang atau sekelompok orang dalam satu generasi. Contohnya Didi dan Ani adalah anak kembar tetapi Didi hanya bekerja sebagai pegawai negri sedangkan Ani mempunyai sebuah perusahaan. Mereka adalah satu generasi tetapi mempunyai pekerjaan yang berbeda dan itu dapat dikatakan sebagai mobilitas intragenerasi. 

     Selain itu ada juga faktor pendorong mobilitas sosial. Faktor nya ada sebagai berikut yaitu perubahan kondisi sosial yang memiliki arti struktur kasta dan kelas dapat berubah sendirinya. Yang kedua yaitu ekspansi sosial yaitu perkembangan kota dan transmigrasi dapt mendorong mobilitas sosial. Yang ketiga yaitu komunikasi yang bebas dengan memudarkan semua garis batas antar anggota sosial di masyarakat. Selanjutnya yaitu pembagjan kerja yaitu semakin spesifik pekerjaan yang ada, semakin sedikit suatu individu yang pindah pekerjaan. Selanjutnya adalah tingkat tertilas yang berbeda yaitu orang - orang yang ekonomi dan pendidikan nya rendah cenderung mempunyai keturunan yang banyak sedangkan orang yang ekonomi dan pendidikan nya tinggi cenderung mempunyai keturunan yang sedikit. Yang terakhir yaitu situasi politik yaitu suatu negara yang tidak stabil memungkinkan banyak penduduknya yang mengungsi ke negra yang lebih aman. 

      Sekian dulu ya penjelasan gw tentang mobilitas sosial semoga kalian ngerti sama apa yang gw jelasin. Sampai jumps di blog gw selanjutanya. 

Tidak ada komentar:

KATA KUNCI

1.Apa yang di maksud dengan teks prosedur ?  Teks prosedur adalah teks yang berisi tentang langkah-langkah atau tahap-tahap untuk melakuk...