Selasa, 30 Januari 2018

Bagaimana Membimbing Anak Secara Efektif


      Buku dengan judul “Bagaimana Membimbing Anak Secara Efektif” ini mengandung pedoman - pedoman yang dapat di terapkan dalam meningkatkan hubungan baik antara orang tua dan juga anak, untuk memilih suatu keputusan yang di pilih dan juga dalam menghadapi situasi -situasi dalam kehidupan.

Terdapat 5 kesulitan yang biasanya orang tua hadapi dalam memberikan nasihat kepada anak, yaitu : 

  1. Cara memberikannya
      Jangan membuat pernyataan atau keputusan otoriter. Seperti “Bapak lebih tahu” , “ibu lebih berpengalaman” dan lainnya. Jangan terlalu mengekang anak atau seperti apa yang anda katakan anak anda harus melakukan. Berilah nasihat itu dalam suatu cara yang bersifat percobaan dan juga sementara, sehingga anak lebih bebas untuk menolak ataupun menerimanya. Dibandingkan saat mereka di paksa. (Hal 3)

  1. Hubungan yang positif o
      Nasihat yang paling efektif adalah bila hubungan anda dan anak bersifat saling mempercayai dan saling menghormati. Sehingga anak akan lebih mendengarkan anda di bandingkan saat hubungan anda dan anak sedang tidak baik. (Hal 3) 

  1. Bersedialah menghadapi kalau nasihat anda tidak di turuti 
      Dalam memberikan nasihat kepada anak anda harus siap menerima keadaan bahwa anak - anak anda sering kali tidak menurutinya. Dan terkadang saat mereka menerima nasihat anda dan mereka melihat nasihat anda tidak berhasil , maka sering kali mereka menyalahkan anda. Tetapi, itu hal wajar untuk anda sebagai orang tua , karna orang tua juga manusia yang bisa salah. (Hal 3-4) 

  1. Tarik dan pancinglah anak 
      Seringkali anak mencari nasihat padahal mereka sudah mengetahui nya dan apa yang akan di lakukannya. Daripada seorang anak memilih pilihan yang salah sebaiknya sebagai orang tua , berikanlah kembali tanggung jawab kepada anak. Anda bisa menggunakan metode bertanya kepada anak anda misalnya “apa kamu yakin itu hal yang benar?” , “apa yang akan kamu lakukan jika pilihan mu salah” itu membuat anak berfikir tentang pilihan yang mereka buat. (Hal 4)

  1. Berhematlah memberi nasihat 
      Berilah nasihat secukupnya. Walaupun nasehat tersebut dilaksanakan dengan baik tetapi pemberian nasihat yang berlebihan akan membuat anak anda merasa bodoh, lebih rendah, tertekan, atau merasa terlalu dikuasai. (Hal 5) 

      Suatu cara yang dapat dimengerti seorang anak saat orang tuanya memberikan nasihat yaitu pribahasa dan juga pepatah. Tetapi pada zama modern ini orang tua lebih memilih memberikan nasihat dengan menggunakan cerita karena itu akan membuat seorang anak sadar dan cara tersebut lebih mudah. Orang tua bisa mengambil contoh dari pengalaman mereka. (Hal 5-8) 

      Sekian dulu pembahasan saya dari buku “Bagaimana Membimbing Anak Secara Efektif” yang ditulis oleh Charles Schaefer, Ph.D. Semoga blog ini bermanfaat untuk kalian para pembaca. Sampai jumpa di blog selanjutnya.



Tidak ada komentar:

KATA KUNCI

1.Apa yang di maksud dengan teks prosedur ?  Teks prosedur adalah teks yang berisi tentang langkah-langkah atau tahap-tahap untuk melakuk...