Kamis, 27 Juli 2017

SASTRA? APA SIH ITU

Pada hari Selasa, 25 Juli 2017 kelas XI IPS 1 mendapatkan pelajaran Bahasa Indonesia di jam ke 6-7. Guru bahasa indonesia kami menerangkan tentang hal-hal dasar dalam pelajaran bahasa Indonesia dan juga tentang sastra. Ia menjelaskan dengan semangat dan kami memperhatikan dengan seksama dengan sesekali mereka menanyakan kami apakah kami sudah jelas atau belum. Dari yang beliau terangkan kami harus membuat ringkasan dan menaruhnya di blog masing-masing dan inilah punya saya selamat membaca semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Ada 4 dasar keterampilan berbahasa. Yaitu Mendengarkan (menyimak), Berbicara, Membaca, dan Menulis. Di dalam mendengarkan ada yag namanya menyimak, salah satu contoh yang harus disimak adalah sebuah ceramah. Apa yang harus kita kita simak dari sebuah ceramah ? yang kita harus simak adalah pokok-pokok yang terdapat di suatu ceramah.

Setelah itu beliau juga menjelaskan tentang sastra. Satra itu bukan hanya tulisan sja tetapi bias jadi sastra itu adalah Drama ataupun Cerpen. Dalam sastra terdapat 2 unsur yaitu Intristik dan Ekstrinstik. Di dalam interinstik terdapat tema,tokoh, penokohan, latar ( waktu, tempat, suasana), sudut pandang, dan yang terakhir adalah amanat. Dalam unsure ekstrinstik terdapat bagian-bagian juga yaitu latar belakang pengarang dan kehidupan sosial. Nah sekian dulu ringkasan yang saya buat mudah-mudahan bermanfaat bagi kitra semua. Sampai jumpa di blog selanjutnya Readersssss !!!




Tidak ada komentar:

KATA KUNCI

1.Apa yang di maksud dengan teks prosedur ?  Teks prosedur adalah teks yang berisi tentang langkah-langkah atau tahap-tahap untuk melakuk...